twitter
rss

KISI-KISI UN SMA 2014

JADWAL UN 2014

KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2014



TIPS MENJELANG UJIAN
Buat para siswa, ujian nasional 2014 tinggal menghitung hari. Tinggalkan sejenak facebook kamu, hp kamu, tongkrongan kamu.  Jangan terlena sobat, segera sadar dari keasyikan akan membantu kita fokus kembali pada kegiatan utama kita.

Ujian Nasional Menakutkan Bro !!

Jangan takut dengan kata ‘Ujian Nasional’. Itu ngga menakutkan kok. Asal kita sudah mempersiapkannya jauh hari pasti hasilnya akan sesuai harapan kita. Buanglah asumsi negatif tentang ujian nasional, dan yakinlah bahwa UN hanya jurang sempit yang harus kita loncati untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. So ngapain takut!!!.

Tips berikut mungkin akan membantu sobat untuk mencoba membuang asumsi negatif tentang ujian nasional. Jika semua persiapan sudah kita lakukan, rasa percaya diri saat menghadapi soal, pasti akan datang dengan sendirinya. percaya deh 
  1. Jaga kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.

    So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.
  2. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.

    Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan, hmmm gimana nih? yups kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan. Think different sob !!
  3. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
    Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.
  4. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
    Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

    Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat :D.
  5. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
    Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, mungkin tips ini cocok buat kamu, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan ga ada rasa terpaksa.
  6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
    Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Itu sebagian saran dari temanku, tapi kapan mood belajar itu muncul? Hmmmm bisa jadi mood itu baru muncul saat Ujian Nasional telah usai, ha ha bisa kacau kalau kayak gini.

    Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna
  7. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
    Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

    Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.
  8. Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal
    Ini penting!!, saking semangatnya mengikuti UN, kita sampai lupa bahwa kita ga bisa berpikir maksimal kalau perut belum terisi (logika gak jalan tanpa logistik bro!!)
  9. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian
    Sekadar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.
  10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
    Kamu bisa berburu referensi materi pelajaran di perpustakaan sekolah, di google, tanya pada teman yang lebih pintar, rajin bertanya pada guru mapel yang bersangkutan, mengumpulkannya, dan mempelajarinya satu persatu. Memang waktu belajarnya jadi lebih lama, tidak efektif, tapi kurang puas kalau hanya membaca rangkuman
Hanya sekedar guyonan penyemangat UN, jangan terlalu serius membacanya, sambil senyum juga boleh
simak deh:
  • Yang pasti sih, nulis nama, pastikan itu nama asli bukan nama FB, suka banyak yg alay masalahnya  
  • Pastikan yg dibawa itu pensil 2B bukan pensil alis mama -__-"
  • Pastikan juga kamu melihat jadwal dengan benar, jangan sampai salah belajar Besok ujian Bahasa Indonesia, malah belajar Matematika -_-'
  • Pakailah baju berkancing, sebab akan membantumu di saat kepepet.
  • Tips menghadapi pengawas ujian: Masuk ruangan dengan tenang, jangan mencurigakan kalau perlu cium tangan dulu bolehlah
  • Kalau soalnya susah untuk dipecahkan, tidurlah. Mimpimu akan menjadi jawaban!
  • Jika mimpi itu tak kunjung datang, abaikan saja soal itu, biarkan waktu yang akan menjawabnya #eeeehhh
  • Ada baiknya juga semasa UN, lupain hal - hal lain yg bisa mengganggu konsentrasi belajar. contohnya pacaran
  • Tips sukses ujian itu ya BELAJAR bukan malah sibuk bikin status di fesbuk
Sekian tips menghadapi Ujian Nasional. Intinya adalah Usaha, do'a dan Tawakal, berusaha dengan belajar sebaik mungkin, berdo'a untuk hasil yang memuaskan, dan jika keduanya sudah kamu lakukan, berserah diri dan pasrah pada Allah. Kita hanya bisa berusaha dan memilih mana jalan yang hendak kita ambil, dan yang memutuskan pilihan mana yang terbaik untuk kita hanyalah Allah SWT.

Dan selalu ingat, Allah sesuai dengan prasangka hambanya. So positif thinking sajalah.

TRY OUT UN SMA 2014 BAHASA INDONESIA
Latihan UN SMA 2014 terdiri atas 9 paket soal sesuai SKL UN 2014 disertai kunci jawaban.
Silakan link ke jidut08chayank.wordpress.com

Selamat Belajar

      

BAKU
TIDAK BAKU
BAKU
TIDAK BAKU
A
aktif
aksen
ambulans
analisis
andal
anggota
antre
apotek
asas
atlet
adab
adidaya
aerobik
akuarium
akupungtur
algoritme
Allah
almari
ambin
anarki
anugerah
apendiks
ateis
astronaut
autentik
autopsi
avokad
azab
azan
B
batalion
bazar
belasungkawa
beasiswa
bronkhitis
bus
C
cabai
cedera
cenderamata
cerita
cokelat
D
diagnosis
desain
desainer
daripada
derajat
detergen
digresi
diskon
dolar
drainase
depot
detail
diferensial
dai
dekret
E
ekspor
ekstrem
ekuivalen
ekshibisi
elite
ensiklopedi
etalase
esai
faksimili
pikir
F
formal
Februari
fiologi
fisik
foto
fondasi
frekuensi
fotokopi
G
gaib
gelada bersih
genealogi
gizi
glaukoma
grosir
gorden
grup
gulai
guncang
glamor
geiser
gazal
genius
genting
geleldek

H
hafal
hakikat
hierarki
hipotesis
hemoglobin
hidraulis
hipotesis
I
insaf
ikhlas
impor
istri
ijazah
izin
imbau
isap

A
aktip
accent
ambulan/ambulance
analisa
handal
anggauta
antri
apotik
azas
atlit
adap
adi daya
erobik
aquarium
akupunktur/akupuntur
algoritma
Alloh
lemari
amben
anarkhi
anugrah
appendix
atheis
astronot
otentik
otopsi
alpokat
adzab
adzan
B
batalyon
bazaar
bela sungkawa
bea siswa
bronchitis
bis
C
cabe, cabay
cidera
cinderamata
ceritera
coklat
D
diagnosa
design
designer
dari pada
drajat/derajad
deterjen
degresi
discount
dollar
drainage
depo
detil
differensial
da’i
dekrit
E
eksport
ekstrim
ekwivalen
eksibisi
elit
ensiklopedia
etalage
esei
faksimil
fikir
F
formil
pebruari
phiologi
phisik
photo
pondasi
frekwensi
foto kopi/foto copy /photocopy
ghaib/ghoib
gladi bersih
geneologi
gisi
glukoma
grosser
korden/horden
group
gule
goncang
glamour
geyser
gasal
jenius
genteng
gledek

H
hapal
hakekat
hirarki
hipotesa
haemoglobin
hidrolis
hipotesa
I
insyaf
ihlas/iklas
import
isteri
ijasah
ijin
himbau
hisap

J
jenazah

K
karier
kaidah
kategori
khotbah
kongres
kompleks
kualifikasi
kualitas
kuantitatif
koordinasi
khawatir
komoditas
konsekuen
kontinu
kreativitas

L
leding
legalisasi
legend
lembap
leukemia
lever
likuidasi
linear
M
merek
meterai
manajemen
manajer
masjid
metode
miliar
misi
mulia
mungkir
museum
Mahaesa
Malapraktik
N
narasumber
nasihat
November 
O
objek
objektif
olahraga
P
paspor
peduli
praktik
provinsi
putra
profesor
pemirsa
persentase
piker
R
ramadhan
ranking
risiko
restoran
rezeki
S
sabtu
sah
saraf
sakarin
sekadar
sekretaris
silakan
sistem
saksama
standardisasi
subjek
subjektif
T
teknik
teknologi
terampil
telantar
tenteram
teoretis
 U
ubah
utang
uzur
ustaz
V
varietas
W
wasalam
wudu

Y
yakin
yoghurt
Z
zaman
zamzam
ziarah
zikir
zone
J
jenasah

K
karir
kaedah
katagori
khutbah
konggres
komplek
kwalifikasi
kwalitas
kwantitatif
koordinir
kuatir/kawatir
komoditi
konsekwen
kontinyu
kreatifitas

L
ledeng
legalisir
legenda
lembab
leukemia
liver
likwidasi
linier
M
merk
meterei
menejemen
menejer/manager 
mesjid
metoda
milyar
missi
mulya
mangkir
musium
Maha Esa
malpraktek/malapraktek
N
nara sumber
nasehat
Nopember
O
obyek
obyektif
olah raga
P
pasport
perduli
praktek
propinsi
putera
professor
pirsawan
prosentase
fikir
R
ramadan
rangking/rengking
resiko
restaurant
rejeki
S
saptu
syah
syaraf
sakharin
sekedar
sekertaris
silahkan
sistim
seksama
standarisasi
subyek
subyektif
T
tehnik
tehnologi
trampil
terlantar
tentram
teoritis
 U
rubah
hutang
udzur
ustadz
V
varitas
W
wassalam
wudhu

Y
yaqin
yogurt
Z
jaman
zam-zam
jiarah
dzikir
zona