twitter
rss

 PARAGRAF ARGUMENTASI

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang di dalamnya berisi alasan atau argumen yang kuat tentang suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.
Untuk memperkuat argumen, penulis menyertakan data pendukung seperti fakta, hasil observasi, dokumen penting, statistik, dll.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi
          Ada pernyataan, ide, atau pendapat yang dikemukakan penulisnya;
          Ada alasan, data, atau fakta yang mendukung;
          Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
          Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
          Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
          Pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan
          Penutup berisi kesimpulan.

Contoh Paragraf Argumentasi
          Akhir-akhir ini tempe sudah tidak lagi menjadi makanan orang-orang pinggiran atau kampung. Betapa tidak, seiring menjamurnya makanan-makanan instan dan modern yang mengandung berbagai bahan pengawet, tempe tetap menjadi makanan tradisional kebanggaan bangsa Indonesia. Terdapat banyak kandungan protein nabati yang tinggi di dalam tempe.Bahkan di Jakarta terdapat rumah makan yang menggunakan menu tempe untuk disajikan dalam berbagai makanan yang lezat. Karena kandungan gizi yang tinggi dan alamiah itulah tempe sudah mulai merambah pasar internasional. Tempe sudah menjadi makanan lokal yang mengglobal di tengah makanan yang hanya nikmat di lidah saja.

          Kesimpulan paragraf tersebut ialah tempe sudah menjadi makanan masyarakat luas yang mampu bersaing dengan makanan lezat lainnya.
Dari contoh wacana di atas, dapat diketahui struktur wacana argumentatif adalah:
        Pernyataan masalah
        Alasan/data/fakta pendukung
        Pembenaran berdasarkan data/fakta 

Selengkapnya bisa Anda download di sini

1 komentar:

  1. Makasih, artikelnya sangat bermanfaat.. kalau punya saya sudah dalam bentuk makalah , Jangan lupa mampir Makalah Paragraf Argumentasi/
    salam kenal gan.

Posting Komentar